Book Cover

Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila


          Projek P5 merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu atau bisa diartikan pembelajaran gabungan dari beberapa mata pelajaran yang dituangkan dalam kegiatan projek (praktek) untuk mendapatkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar peserta didik. Yang perlu dicermati dalam penyusunan modul projek, kegiatan yang direncanakan minimal harus sudah dikenal atau diketaui siswa agar dalam pelaksanaan baik guru dan peserta didik tidak kesulitan dalam menceran materi yang akan dicapai. Langkah berikutnya adalah menentukan tema kegiatan / projek yang akan dilaksanakan. Untuk tema setiap jenjang diberi pilihan berbeda – beda. Untuk Jenjang SD/MI diberi kesempatan memilih 2 tema dalam satu tahun sedangkan untuk jenjang SMP dan SMA bisa memilih 3 tema dalam satu tahun. Di bawah ini rekan – rekan bisa memilih tema yang cocok dengan karakter siswa dan lingkungan tempat mengajar

  • 1.      Gaya Hidup Berkelanjutan (SD‒SMA/SMK)
  • 2.      Kearifan lokal (SD, SMP, SMA/SMK)
  • 3.      Bhinneka Tunggal Ika (SD, SMP, SMA/SMK)
  • 4.      Bangunlah Jiwa dan Raganya (SMP‒SMA/SMK)
  • 5.      Suara Demokrasi (SMP‒SMA/SMK)
  • 6.      Berekayasa dan Berteknologi untuk Membanguan NKRI (SD,SMP,SMA/SMK)
  • 7.      Kewirausahaan (SD,SMP,SMA/SMK)

1. Fase B –Gaya Hidup Berkelanjutan

2. Fase B –Kearifan lokal

Untuk komponen yang harus terdapat di dalam modul P5 setiknya mencakup :

Identitas Modul

  • ·         Penulis
  • ·         Fase
  • ·         Kelas
  • ·         Tema
  • ·         Judul projek
  • ·         Alokasi waktu

Tujuan:

  • ·         Pemetaan dimensi (Sub judul)
  • ·         Elemen (Karekter umum P5)
  • ·         sub elemen ( tujuan karakter pokok yang akan dicapai )

Aktivitas:

  • ·         Alur aktivitas projek profil secara umum (jadwal kegiatan per minggu)
  • ·         Penjelasan detail tahapan kegiatan
  • ·         asesmen

Asesmen

  • ·         Progress pelaksanaan
  • ·         Refleksi
  • ·         Raport penilaian